KENARIKU "BANG YOSS"

SELAMAT DATANG DI BLOG BANG YOSS, KAMI HANYA INGIN BERBAGI KESESAMA PECINTA BURUNG KENARI, BAGI YANG TIDAK SUKA, KAMI MOHON MAAF DAN JANGAN MEMUSUHI KAMI,MOHON MAAF KALAU KEBERADAAN BLOG INI MENGGANGGU ANDA.

Minggu, 28 Februari 2010

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Beternak Kenari

Diposting oleh totokmelati

Perlengkapan sangkar penangkaran kenari
Perlengkapan sangkar penangkaran ini ada beberapa hal yaitu:
  1. Tempat bertengger. Bahan untuk tenggeran atau tempat bertengger ini bisa dari kayu yang kasar kulitnya. Dapat menggunakan kayu pohon asem, jambu biji, atau petai cina. Tenggeran yang halus kurang baik untuk burung kenari.
  2. Sarang tempat bertelur. Dapat dibuat dari anyaman bambu atau plastik yang diberi rami, serabut kelapa atau daun cemara kering. Penempatan sangkar ini sebaiknya berada lebih tinggi dari pintu sangkar, sebelah kiri atas atau kanan atas. Dengan demikian pada saat pengggantian air minum atau pemberian pakan tidak menganggu burung yang sedang mengeram. Disisi tempat sarang di taruh , sebaiknya sisi luar sangkarnya ditutup dengan kertas semen. Sehingga burung merasa nyaman dan tenang mengerami telurnya.
  3. Tempat makan dan minum. Sebaiknya ditempatkan saling berjauhan sehingga tempat minum ini tidak dikotori oleh sisa makanan ataupun air bekas sisa mandi.
  4. Penjepit sayuran. Digunakan untuk menjepit sayuran sebagai makanan tambahan untuk burung kenari. Bisa menggunakan penjepit pakaian. Penempatanya di mana saja sekirannya memberikan kemudahan bagi burung untuk meraihnya.
  5. Lampu penerangan. sebaiknya deiberikan lampu 25 watt atau neon 10 watt yang dapat menerangi semua sangkar. karena dengan adanya lampu penerangan ini, maka pada malam hari angkar penangkaran tampak terang. Dengan demikian akan memberikan kemudhan bagi indukan untuk setiap waktu meloloh anakanya.
Untuk penangkaran burung kenari, penempatan sangkar dapat diletakan dimanapun sesuai dengan kondisi tempat penagkaran.Pada dasarnya ada tiga macam penempatan untuk sangkar penangkaran ini:
  1. ditempel pada dinding
  2. digantung
  3. disusun secara bertingkat,
Yang perlu dperhatikan dalam penempatan sangkar untuk penangkaran ini adalah segi keamanan terhadap gangguan binatang lain, terutama semut, tikus, dan kucing.
Sangkar yang diletakan di tempat yang terlalu panas sangat berpengaruh terhadap hasil penetasan. Jika suhu terlalu panas , burung yang sedang mengeram akan sering meningggalkan sarangnya untuk mandi, sehingga telur yang di erami menjadi gagal menetas.
Sebaiknya sangkar penangkaran ini diletakan di dekat pohon yang rindang, sehingga pada waktu cuaca panas masih terasa sejuk sehingga induknya tetap merasa nyaman mengerami telurnya.
Sangkar pembesaran untuk burung kenari seringa disebut dengan istilah voiler. Sangkar pembesaran memiliki ukuran yang lebih luas jika di bandingkan dengan sangkar penangkaran.sangkar pembesaran ini digunakan untuk memberi keleluasaan kepada burung kenari agardapat bergerak dengan bebas. Didalam sngkar pembesaran burung dapat bergerak beas dan leluasa karena memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih luas dari pada sankar penangkaran

Pembuatan sangkar pembesaran dapat dibuat permanen dan tiddak dapat dipindah-pindahkan atau semi permanen yang dapat dipindah-pindahkan sesuai dengan keinginan penangkar. Ukuran sangkar pembesaran dapat dibuat bervariasi, tergantung pada kebutuhan dan kondisi tempat. Tetapi, sangkar pembesaran setidak-tidaknya mempunyai ukuran panjang 150 -200 cm, lebar 60-150 cm, dan tinggi 150-250 cm. Jika tempat tidak memungkinkan, sangkar pembesaran dapat dibuat dengan ukuran panjang 200cm, lebar 60 cm, dan tinggi 150 cm.
Kelmahan sangkar pembesaran yang dibuat permanen adalah tidak dapat dipindah-pindahkan sesuai dengan keinginan penangkar. Sehingga kebutuhan sinar matahari kadang kurang terpenuhi. Sedangkan sangkar pembesaran semi permanen memiliki keuntungan karena dapat digeser-geser atau dipindah-pindahkan sesuai keinginan penangkar. Misalnya, jika penangkar ingin menjemur burung-burungnya dapat menggeser atau memindahkan sangkar tersebut ke tempat yang mendapat sinar matahari pagi. Umumnya, sangkar pembesaran semi permanen ini pada kaki-kaki sangkar di beri roda untuk memudahkan penggeseran atau pemindahan sangkar.
Untuk menangkarkan burung kenari pada dasarnya membutuhkan dua macam sangkar, yaitu sangkar untuk penangkaran dan sangkar untuk pembesaran. Aspek yang di perlukan untuk penangkaran ini adalah:
  1. ukuran sangkar
  2. penempatan sangkar
  3. perlengkapan sangkar
  4. dan penerangan yang cukup
Berdasarkan jenis ukuran dari sangkar ini ada dua jenis, yaitu sangkar untuk penangkaran dan sangkar untuk pembesaran. masing-masing mempunyai ukuran yang di sesuaikan dengan keperluanya.
Sangkar untuk penangkaran kenari ini bisa di buat dari kayu untuk tulanganya dan di beri kawat kasa pada massing-masing sisinya. Sedangkan untuk ukuran bisa digunakan, untuk panjangnya 50 cm, lebar 40 cm dan tinggi 40 cm. Memang untuk ukuran kandang penangkaran ini tidak harus demikian tetapi tergantung dari jenis kenari yang akan di tangkarkan.
Jika yang ditangkarkan adalah jenis holland ukuran tersebut sudah mencukupi. Tetapi jika yang ditangkarkan adalah jenis yorkshire atau silangan antara yorkshire dan jenis lain, ukuran tersebut kurang memenuhi sarat. Perlu diperbesar lagi menjadi panjang 60 cm, lebar 50 cm dan tinggi 50 cm.
Semoga Bermanfaat…